Apa itu Hosting dan Domain ?

   Kamis, 17 November 2016    Artikel    0 Komentar
Apa itu Hosting dan Domain? - Informasi berikut ini adalah penjelasan sederhana tentang apa yang dimaksud dengan hosting dan domain. Pada masa sekarang ini memang istilah tersebut cukup sering kita dengar dan baca melalui media-media online di internet. Diharapkan dengan tulisan ini Anda bisa memahami apa itu hosting dan apa itu domain.


Apa itu Hosting dan Domain?
Apa itu Hosting dan Domain?
Istilah hosting dan domain erat kaitannya dengan dunia komputer khususnya internet. Informasi Hosting dan Domain biasanya dibutuhkan oleh para pelaku bisnis yang memanfaatkan teknologi internet sebagai salah satu media promosi yaitu menggunakan website. Lalu apa itu website? itu akan kita bahas pada lain waktu di tulisan berikutnya. Ditunggu aja ya! ☺

Nah, lalu apa yang dimaksud dengan hosting dan domain? Berikut ini adalah penjelasan singkatnya. Silahkan disimak.

Apa itu Hosting ?

Hosting adalah sebuah tempat penyimpanan data pada server di internet. Sederhananya adalah ibarat sebuah hardisk atau memori tempat menyimpan data-data. Data-data tersebut adalah data-data dari sebuah website atau aplikasi. 

Contohnya: Anda sudah pasti tau dengan Facebook bukan? ya, Facebook merupakan sebuah website aplikasi yang sangat terkenal dengan jumlah penggunanya yang sangat banyak. Dan Anda sudah tentu pernah mengunggah (upload) foto Anda ke Facebook bukan? Nah, taukah Anda kemana foto Anda tersebut disimpan? Ya, jawabannya adalah ke hosting. Dan itulah fungsi dari hosting sebagai tempat menampung atau menyimpan data-data dari sebuah website entah itu data-data script, data gambar, data video, dokumen, dan lain-lain.

Atau sederhananya begini, jika Anda memiliki sebuah toko baju dan ingin membuat sebuah toko online sebagai media pemasarannya, tentu Anda akan menggunakan sebuah foto (gambar) dari produk-produk Anda tersebut. Nah, agar foto-foto produk tersebut bisa ditampilkan di website toko online Anda, gambar tersebut harus disimpan di hosting / server. Jika Anda mau membuat toko online, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan toko online dari ahli website atau pengembang website.

Hosting Unlimited Indonesia

Bagaimana? Anda sudah mengerti ? Jika belum mengerti juga Anda bisa membaca referensi lebih lanjut dengan mencari sendiri di mbah Google sampai mengerti. ☺ . Dan jika sudah mengerti mari kita lanjutken ke pengertian apa itu domain. 😉

Apa itu Domain?

Domain adalah sebuah istilah yang digunakan untuk sebuah nama panggilan terhadap sebuah website atau aplikasi di Internet. Domain digunakan untuk mempermudah dalam mengakses sebuah server atau situs website. Karena pada awalnya sebelum digunakan nama domain, orang mengakses sebuah situs atau website atau server menggunakan alamat IP (IP Address). Contoh ip address seperti : 192.168.0.1.

Contoh domain adalah seperti www.lombok-developer.com, facebook.com, blogspot.com, www.sukrillah.xyz, dan lain-lain. Bayangkan jika Anda ingin mengakses Facebook sebelum ada nama domain, Anda akan kerepotan dalam menghapal kode atau angka dari alamat IP dari Facebook tersebut. Jadi intinya fungsi dari domain adalah untuk sebagai nama atau panggilan sebuah situs yang ada diinternet agar mudah diingat dan mudah diakses oleh pengguna.

Jika Anda memiliki sebuah bisnis dan ingin membuat website sebagai sarana penyampaian informasi kepada pelanggan maupun calon pelanggan Anda, maka Anda tentu harus membeli sebuah domain yang sesuai dengan nama perusahaan Anda agar mudah diingat dan dikenali oleh pelanggan Anda.

Nama domain mempunyai struktur seperti nama-domain(.)TLD (Top Level Domain). TLD diantaranya seperti .com, .net, .co.id, dan lain-lain. Contohnya seperti di atas tadi.

Nama domain harus unik. Maksudnya adalah jika Anda ingin menggunakan sebuah domain, Anda tidak boleh menggunakan nama domain yang sudah digunakan oleh orang lain. Contohnya: tidak mungkin nama domain (facebook.com) atau (google.com) Anda gunakan untuk bisnis Anda karena sudah digunakan dan ada pemiliknya.

Syaraat nama domain adalah terdiri dari huruf dan angka dan strip (-). contohnya: nama-domain99.com, www.lombok-developer.com.

Bagaimana? sudah paham ? Jika belum paham Anda bisa mencari informasi atau referensi lain dengan cara mencari sendiri di Google. Jika Anda sudah mengerti mari kita ucapkan alhamdulillah.. :)

Informasi Tambahan tentang domain. Jika Anda ingin membeli domain dengan murah saya rekomendasikan untuk membeli di penyedia domain termurah se-indonesia. Klik Disini untuk membeli domain murah!

Baiklah, demikianlah uraian saya tentang Apa itu Hosting dan Domain. Semoga tulisan saya ini dapat memberikan manfaat untuk Anda dan teman-teman lainnya. Akhir kata saya ucapkan terma kasih dan mohon maaf jika ada salah penulisan kata. Dan jika ada kritik dan saran bisa langsung hubungi saya.

wassalamualaikum. ✋

Tidak ada komentar

Posting Komentar